ANRI RESTORASI ARSIP PRIBADI PENGAWAL PRESIDEN SOEKARNO, SERMA R. KOESNO

Written by Super Admin Friday, 03 July 2020 08:15

Direktur Preservasi, Kandar, didampingi oleh Tim Restorasi ANRI menyerahkan hasil restorasi arsip pengawal pribadi Presiden Soekarno, Serma R. Koesno yang wafat pada tahun 1998.

Penyerahan tersebut dilaksanakan di RSPAD Gatot Subroto kepada keluarga yang menunggu Ibu Elisabeth Koesno, istri mendiang R. Koesno. Kondisi arsip koleksi pribadi R. Koesno yang dijemput oleh Tim Restorasi ANRI di RSPAD Gator Subroto pada tanggal 1 Juli 2020 cukup lengkap, namun secara fisik sangat memprihatinkan. Mengingat pentingnya koleksi arsip pribadi R. Koesno yang merupakan saksi sejarah dan pahlawan, ANRI melakukan proses restorasi dengan metode laminasi menggunakan kozo paper (tisu Jepang) untuk memperkuat struktur kertas dan memberikan perlindungan melalui metode enkapsulasi dengan menggunakan polyester astralon. Metode restorasi ini membuat struktur kertas arsip R. Koesno akan bertahan sampai dengan puluhan tahun ke depan. Arsip yang direstorasi merupakan arsip koleksi pribadi R. Koesno yang mengalami kerusakan dan sebagian kecil hilang terkena bencana banjir di wilayah Jakarta pada awal tahun 2000. Selain melakukan restorasi, ANRI juga melakukan proses digitasi arsip untuk keperluan tertentu sehingga arsip tetap dapat disimpan agar tetap terlindungi dengan baik.

Pada tahap pertama, arsip R. Koesno yang direstorasi antara lain Surat Keterangan Lulus Pendidikan Corp Polisi Militer tahun 1951, Tanda Kehormatan Medali Sewindu Angkatan Perang RI dari Presiden tahun 1954, Penghargaan Satyalancana Peristiwa Perang Kemerdekaan Kesatu dari Menteri Pertahanan tahun 1958, Penghargaan Satyalancana Peristiwa Perang Kemerdekaan Kedua dari Menteri Pertahanan tahun 1958, Tanda Jasa Pahlawan Perjuangan Gerilya tahun 1958 dari Presiden, Penghargaan Medali Kesetiaan dari Menteri Pertahanan tahun 1958, Tanda Penghargaan Satyalancana Gerakan Operasi Militer I dari Menteri Pertahanan tahun 1959, Tanda Penghargaan Satya lancana Gerakan Operasi Militer II dari Menteri Pertahanan tahun 1959. Untuk tahap berikutnya akan dilakukan proses restorasi terhadap arsip pribadi lainnya, termasuk arsip foto R. Koesno bersama Presiden Sukarno, Ibu Megawati, dan Guntur, serta momen-momen penting lainnya. (Direktorat Preservasi ANRI)

Sumber : ANRI