USAI "MENGINAP" DI ISTANA NEGARA, ARSIP TEKS PROKLAMASI TULISAN TANGAN BUNG KARNO DIKEMBALIKAN KE ANRI

Written by Super Admin Tuesday, 18 August 2020 08:24

Jakarta - 18/08/2020. Direktur Layanan dan Pemanfaatan, Agus Santoso menandatangani berita acara penyerahan kembali Arsip Naskah Teks Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno.

Acara penandatangan tersebut disaksikan oleh Sekretaris Utama, Imam Gunarto. Arsip tersebut dikembalikan secara langsung oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Ucu. Naskah Teks Proklamasi yang merupakan tulisan tangan Bung Karno yang dipinjamkan oleh ANRI kepada Sekretariat Presiden pada saat perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. "Alhamdulillah pada kesempatan pagi hari ini, kami bisa menyerahkan kembali secara utuh kepada ANRI naskah proklamasi yang kami pinjam sementara untuk keperluan pelaksanaan HUT RI.

Naskah proklamasi ini tentunya merupakan dokumen sejarah yang amat sangat berharga, punya nilai sejarah yang sangat luar biasa, yang harus tetap kita jaga," kata Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Ucu di Gedung O, ANRI, Jakarta, Selasa, 18 Agustus 2020. Sebelum dikembalikan, tim dari laboratorium ANRI telah terlebih dahulu melakukan verifikasi keaslian naskah tersebut. "Alhamdulillah tadi setelah dilakukan proses pengujian oleh tim dari laboratorium ANRI, naskah yang kami kembalikan berarti benar-benar asli naskah awal yang semula kami bawa ke Istana. Artinya kami di Istana semuanya bisa menjaga dokumen bersejarah itu dengan baik dan sebagaimana harusnya," jelasnya. Sekretaris Utama ANRI Imam Gunarto menyampaikan apresiasi kepada pihak Istana Kepresidenan yang telah memamerkan arsip Teks Proklamasi tulisan tangan asli Bung Karno pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. "Kami atas nama Arsip Nasional dan Komunitas Kearsipan Nasional menghaturkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah untuk bisa memamerkan arsip teks proklamasi yang asli dalam peringatan yang sangat penting bagi negara kita," kata Imam.

Sumber : ANRI (md/wsb)