NILAI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN TASIKMALAYA DALAM MTLHP KEARSIPAN PROVINSI JAWA BARAT

Written by Super Admin Wednesday, 16 September 2020 15:47

Berdasarkan hasil pengawasan dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya pada Tahun 2019 secara keseluruhan memperoleh nilai sebesar 70.00 (Tujuh Puluh Koma Nol Nol) dengan kategori B (Baik).

Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan menyatakan bahwa penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip, ketersedian arsip yang autentik dan terpercaya. Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka diperlukan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan. Dalam rangka menyelamatkan arsip, perlu mendorong pencipta arsip dan Lembaga Kearsipan untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai denganprinsip kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundang-undangan.

Monitoring Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (MTLHP) adalah tahapan proses kegiatan pengawasan kearsipan terhadap penyelenggaraan kearsipan pada Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota yang telah dilakukan dengan audit kearsipan yang menilai kesesuaian prinsip, kaidah dan standar kearsipan dalam aspek-aspek penyelenggaraan kearsipanyang melahirkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh Objek Pengawasan dan guna terwujudnya penyelenggaraan kearsipan yang memenuhi prinsip, kaidah dan standar kearsipan. Tujuan diselengarakannya kegiatan MTLHP Kearsipan adalah untuk menilai tingkat ketaatan dan perkembangan objek pengawasan dalam menindaklanjuti hasil pengawasan kearsipan yang telah dilakukan sebelumnya dan memberikan saran/rekomendasi yang berguna untuk perbaikan pelaksanaan peningkatan kinerja di masa yang akan datang.

Pedoman dalam penyelenggaraan MTLHP Kearsipan ini adalah berdasarkan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia No. 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah telah menyelenggarakan Kegiatan Pengawasan Kearsipan Eksternal meliputi : kebijakan, pembinaan, pengelolaan arsip statis, serta sumber daya kearsipan.

Berikut adalah peringkat MTLHP Kearsipan 2019 :

Semoga dengan adanya kegiatan Pengawasan Eksternal ini akan memajukan dunia kearsipan khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Sumber : MTLHP Kearsipan Provinsi Jawa Barat Tahun 2019