HARI KESAKTIAN PANCASILA, TITIK BERANGKAT INDONESIA TANGGUH BERLANDASKAN PANCASILA

Written by Super Admin Friday, 01 October 2021 09:24

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI berkesempatan mengikuti upacara secara virtual, pada Jumat (1/10/2021).

Hadir Sekretaris Utama Perpusnas, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, serta Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, didampingi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Meski upacara dilaksanakan secara daring dan sederhana namun tetap berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Monumen Pancasila Sakti. Upacara diikuti para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Lembaga Negara beserta Pimpinan Tinggi Madya atau sederajat.

Sementara itu, dalam pidatonya secara terpisah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menyampaikan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu dijadikan sebagai momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan, untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang. Upaya yang dilakukan selama ini, lanjut Nadiem, lebih berfokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan. Hal tersebut kurang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumber daya alam dengan sumber daya manusia. “Pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, kebangkitan dan kemajuan bangsa dari pandemi ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensi dengan kemampuan dan panggilan hatinya. "Para pelajar Pancasila itulah yang akan meneruskan estafet pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan," ungkapnya.

Sumber : Perpusnas

Reporter : Prakas Agrestian

Fotografer : Ahmad Kemal Nasution

Page FB DKP